Thursday, July 22, 2010

ISLAM


Kata "Islam" berasal dari bahasa Arab yang artinya berserah diri kepada Allah. Allah menunjuk nabi Muhammad, yang dilahirkan di mekkah pada tahun 571 SM, untuk menyampaikan ajaran islam. menurut sejarah islam, Muhammad adalah keturunsn nabi Ibrahim, pembawa agama samawi.
Muhammad SAW menerima wahyu Allah yang kemudian dikumpulkan dalam satu kitab yang diberi nama Al-qu'an. Di dalam kitab ini terhimpun risalah berupa larangan dan perintah serta ajaran-ajaran ibadah. Untuk melaksanakannya Muhammad memberikan petunjuk dan praktek
perbuatan peribadatannya. Petunjuk inilah yang kemudian dihimpun dalam suatu buku petunjuk yang dikenal dengan "hadist".
keimanan yang utama dalam agama islam adalah kesaksian bahwa tiada Tuhan selain Allah dan bahwa nabi Muhammad adalah uusan-Nya.
selain itu dalam agama islam juga terdapat rukun islam sebagai syarat keabsahan keislaman seseorang yang terdiri dari mengucapkan dua kalimat syahadad, mendirikan sholat lima waktu (magrib, isya, subuh, dhudur dan ashar), puasa di bulan suci ramadhan, membayar zakat dan bila mampu melaksanakan ibadah haji ke mekkah. Selain itu terdapat juga sholat jum'at yang diselenggarakan tiap hari jum'at siang. sholat jum'at ini wajib dilakukan oleh laki-laki pemeluk islam.
Muhammad wafat pada tahun 632 SM. pada abad berikutnya, tentara islam arab dapat menundukkan Timur Tengah, Afrika utara, Spanyol dan prancis. tetapi ketika pasukan charles martel berhasil mengalahkan tentara islam di tursina pada tahun 732, ia berusaha mencegah penyebaran agama islam lebih jauh lagi ke Eropa.
Pada awal kelahirannya islam menjadi sarana pemersatu bangsa-bangsa padang pasir yang suka berperang. di abad lalu islam menjadi pendorong nasionalisme dan semangat kemerdekaan bangsa-bangsa tertindas di berbagai benua. tetapi di abad ini islam menghadapi berbagai macam cobaan.

0 komentar:

Post a Comment